Dimana Segala Rasa Kan Terbias...

Tuesday, January 20, 2009

Liku- liku Kehidupan Manusia

Kalo kita sekedar baca dari judulnya, terasa berat.
Sebenarnya saya sendiri juga belum pernah mengetahui apa arti kalimat judul diatas. Terkesan rumit, kompleks, namun belum tampak realisasinya di kedua mata saya.
Baru sebulan terakhir saya menyadari bahwa hidup manusia itu bersiklus. Dan itu nyata.

Sepanjang yang saya ketahui, manusia itu :

Hidup di dalam rahim Ibu,
Hidup di Dunia,
Akan merasakan alam baka,
Dan akan muncul di Padang Mahsyar.

Sementara itu hidup di dunia :

Lahir,
Hidup,
Mati.

Yang tidak saya ketahui (dan belakangan saya ketahui), sesuai kapasitas saya sebagai seorang perempuan, manusia itu :

Lahir,
Tumbuh Besar,
Menstruasi,
Dewasa,
Menikah,
Hamil,
Melahirkan,
Menopause,
Tua.

Yap. Belakangan ini saya baru menyadari siklus hidup wanita yang terpampang jelas karena ada dua wanita yang saat ini mengisi keseharianku.

Yang pertama sedang mengalami masa kehamilan. Dengan susah payah menahan segala keluhan tentang hamil muda dan keinginan yang amat sangat akan sesuatu (ngidam).

Yang kedua, sedang menjalani masa pra-menopause. Dengan susah payah pula menahan segala gejala hormonal yang tidak menentu setiap harinya.

Keduanya memiliki imbas yang sama terhadap kehidupan saya.
Sikap uring-uringan, lemah, lemas, sakit-sakitan.
Semua itu berhasil mengubah saya menjadi seorang perawat dadakan.

Dan sampai sekarang saya belum mengerti cara mengatasinya.

Luar biasa cara Allah SWT menguji hamba-hambaNya

Semoga kita termasuk salah satu yang diberi kemudahan olehNya..
Amiin...

No comments: