Dimana Segala Rasa Kan Terbias...

Tuesday, May 1, 2007

Uniquely Indonesia Day,,seru!!!

Wahai semua teman-teman... Hari ini tanggal 2 Mei 2007!!

Ada seremonial penting yang harus diikuti seluruh anak SNF-FEUI (Sekolah Non-Formal FEUI) yaitu memakai busana tradisional Indonesia!!!

Jadi gw bisa ngbayangin hari ini tuh anak-anak memakai batik(yang cowok) dan rok batik(yang cewek) pas kuliah... Wuih...pasti seru banget...
Penasaran deh,,, dosen-dosen pada komentar apa yah ntar...?
KEREN!!

Sebenernya acara ini diadakan karena minimnya kepedulian masyarakat Indonesia, khususnya kaum intelektual yang notabene diatasnamakan kepada para mahasiswa, terhadap budaya lokal alias budaya Indonesia sendiri.

Lihatlah kanan-kiri mu,
kebanyakan dari teman-teman kita banyak yang menggunakan berbagai atribut berbau luar negeri. Sepatu Adidas(gw sendiri pake FILA), Kaos Quiksilver, topi Jadi, jaket Puma, celana LEA, delele. Sepertinya semua bangga banget gituh kalo pake produk luar,, kesannya gaul banget gitu lowh...hehehe...Melihat fenomena itu maka tiba-tiba tercetuslah ide, kenapa kita ga membuat suatu bentuk kepedulian kita akan budaya kita sendiri? Hal ini juga berhubungan dengan inti kegiatan SNF yang berbau edukasi untuk anak-anak Indonesia pada umumnya, sehingga ada perasaan "berkewajiban" untuk mempertahankan budaya kita sendiri dan menunjukkan bahwa budaya kita ga kalah OKE dengan budaya negeri Paman Sam dan Ratu Elizabeth,,budaya Indonesia jauh lebih yahud!!

Akhirnya setelah menimbang, mengingat, mengukur, membagi, menambah, dan mengurangi, setelah melewati perdebatan alot mengenai konseptual seremoni muncullah acara "Uniquely Indonesia Day (UI Day)" yang pertama di tahun 2006...

Acaranya berlangsung sangat sederhana. Semua mahasiswa anggota SNF-FEUI wajib berbusana dan beratribut tradisional selama sehari penuh. Jadilah pada hari itu kampus FEUI penuh dengan batik dan kebaya modern. Selain itu ada juga loh yang pake carik n blangkon pas presentasi di kelasnya...

Tadinya banyak yang takut/malu,,, karena khawatir dengan tanggapan tema-teman yang lain dengan busana yang kami pakai,,,eh tak terduga dan tak dinyana,,komentarnya malah sangat mendukung!

A : "Ih..bajunya lucu banget...!!"

B : "Ada apaan sih kok pake batik?"
SNF : "Hari peduli budaya Indonesia nih....sekali2 pake baju tradisional selama sehari..."
B : "Waaah....seru juga tuh..!!! Kalo ada lagi bilang-bilang yah,,,gw mo ikutan! Seru!"

Tuh kan? Ternyata mereka sangat antusias dengan kegiatan sehari ini.
Selain pake baju tradisional, dari SNF juga berinisiatif berjualan kue-kue tradisional atau yang kerap disebut sebagai "jajan pasar" yang khusus dibeli di pasar tradisional terdekat, Pasar Depok. Targetnya ratusan kue diantaranya arem-arem, kue cucur, kue lemper, delele harus terjual dalam sehari dengan terget pasar teman-teman mahasiswa satu kampus (FEUI). Kenyataannya? Dalam setengah hari saja 80% kue yang ada terjual! Laris manis....

Satu lagi bukti bahwa budaya kita ga kalah kuat dengan budaya luar negeri. Ternyata teman-teman di kampus lebih suka makanan tradisional daripada seperti fastfood yang biasa dijual. Kalo kata orang-orang "lidah kampung".

Setelah kedua kalinya dilaksanakan dengan konsep serupa, ternyata acara ini berhasil menarik perhatian teman-teman di FE. Oleh karena itu, kita adakan lagi acara yang sama hari ini, sekaligus dengan acara REBORN SNF-FEUI.

Ga sabar nihhh...
Udah yah,,,
Baybay,,

KEEP THE INDONESIAN SPIRIT!!!

No comments: